Mengupas Kebenaran Alkitab dan Kasih Yang Penuh Kuasa

8 Mei 2023

Dinosaurus, apakah bertentangan atau mendukung teori Alkitab?


Dinosaurus adalah hewan purba yang diyakini pernah hidup di bumi oleh para ahli purbakala. Mereka hidup sejak sekitar 240 juta tahun lalu dan punah sekitar 65 juta tahun lalu. Satu pertanyaan yang paling menggelitik adalah apakah dinosaurus termasuk hewan yang diciptakan pada hari kelima dan keenam kitab kejadian 1:1.

Lalu dimana dinosaurus saat banjir besar jaman Nuh? Apakah dinosaurus dibiarkan punah karena bahtera Nuh tidak cukup menampungnya? Sesuai dengan penemuan ilmiah, dinosaurus diperkirakan punah karena tabrakan asteroid, dan bukan karena air bah. Apakah hal ini membuktikan bahwa kisah penciptaan di alkitab adalah dongeng belaka?

    Ulasan ini adalah bagian yang akan berkelanjutan tentang kontroversi sehubungan kisah penciptaan dan temuan ilmiah. Sepertinya berseberangan, sebenarnya malah menguatkan konsep penciptaan di alkitab.

    Kejadian 1:1-2

    Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Kejadian 1:1

    Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Kejadian 1:2

    Persepsi umum tentang ayat 1 dan ayat 2 adalah keduanya berturutan, padahal tidak. Ayat 1 dan ayat 2 diselang oleh jangka waktu yang sangat panjang. Dari mana kita beroleh kesimpulan ini? Kita lihat versi alkitab ILT3:

    Pada awalnya Elohim menciptakan langit dan bumi. Dan bumi menjadi tak berbentuk dan hampa, dan kegelapan ada di atas permukaan samudera raya, dan Roh Elohim ada mengeram di atas permukaan air. Kejadian 1:1-2 (ILT3)

    Versi terjemahan Emphasized Bible ini lebih jelas:

    In the beginning, God created the heavens and the earth. Now, the earth, had become waste and wild, and darkness, was on the face of the roaring deep, -- but, the Spirit of God, was brooding on the face of the waters, Kejadian 1:1-2 (EBR)

    Kisah Pemberontakan Lucifer

    Ada selisih jutaan tahun antara ayat 1 dan ayat 2. Ada kejadian penting yang membuat bumi porak poranda. Kejadian apakah itu? Pemberontakan Lucifer yang membuatnya dibuang ke bumi

    "Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!

    Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara. Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi!

    Sebaliknya, ke dalam dunia orang mati engkau diturunkan, ke tempat yang paling dalam di liang kubur.

    Kita mengetahui bahwa Lucifer memberontak kepada Allah dan dibuang ke bumi. Di manakah kira-kira kisah pemberontakan Lucifer berlangsung? Tidak tercatat di alkitab, tetapi seharusnya setelah bumi terbentuk karena Lucifer dibuang ke bumi. Dan bukan pada saat enam hari penciptaan di Kejadian pasal 1. Mengapa demikian? Karena di kisah penciptaan tersebut, "Allah melihat bahwa semuanya itu baik, bahkan sungguh amat baik" dituliskan berkali-kali.

    Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap. Kej 1:4

    Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Kej 1:10

    Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Kej 1:12

    dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Kej 1:18

    Maka Allah menciptakan binatang-binatang laut yang besar dan segala jenis makhluk hidup yang bergerak, yang berkeriapan dalam air, dan segala jenis burung yang bersayap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Kej 1:21

    Allah menjadikan segala jenis binatang liar dan segala jenis ternak dan segala jenis binatang melata di muka bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Kej 1:25

    Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam. Kej 1:31

    Juga tidak mungkin setelah kisah penciptaan, karena pada cerita Adam dan Hawa di taman Eden pun, Lucifer sudah berseberangan dengan Allah. Dan dia melalui rupa ular, membujuk Hawa untuk makan buah terlarang.

    Jadi kisah pemberontakan Lucifer ada di antara Kejadian 1:1 dan Kejadian 1:2.

    Iblis Dijuluki Naga atau Ular Tua

    Ada satu julukan iblis yang dipakai terutama di kitab Wahyu, yaitu naga dan ular tua.

    Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya, tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga.Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya. Wahyu 12:7-9

    Naga adalah makhluk mitologi yang digambarkan sebagai reptil besar dengan sayap dan cakar yang kuat, sementara dinosaurus adalah reptil besar yang hidup di jaman purba. Terdapat beberapa kemiripan fisik antara naga dan dinosaurus, seperti T-Rex yang memiliki rahang kuat dan taring tajam, dan Stegosaurus yang memiliki deretan tulang punggung yang besar dan berduri.

    Lalu apakah naga yang dimaksudkan alkitab sama dengan gambaran naga dalam mitologi Asia (China, India, Jepang, dll)? Kalau gambaran naga adalah se-spektakuler itu, kenapa komodo dinyatakan sebagai keturunan naga yang masih hidup (sesuai keyakinan penduduk setempat) ? Bukankah komodo lebih mirip dinosaurus daripada naga pada mitologi?

    Intermezo, ular juga telah ada pada jaman dinosaurus. Fosil ular purba diketemukan berasal dari jaman dinosaurus. Bentuknya serupa ular modern, hanya saja ular purba memiliki kaki dan bertanduk. Sumber: 
    A Fossil Snake With Four Legs, National Geographic, 2015
    Oldest snake fossils show they thrived in the age of dinosaurs, CBS News, 2015

    Dimana Posisi Dinosaurus?

    Sampai di sini kita hanya bisa berandai-andai, karena tidak ada ayat yang mendukung. Apakah ada kaitan antara Naga, Ular Tua dan Dinosaurus? Mungkinkah dinosaurus adalah ciptaan Lucifer saat dia masih menjadi malaikat kesayangan Allah? Dan apakah ayat-ayat berikut ini sebenarnya berhubungan dengan dinosaurus dan Lucifer?

    Apakah aku ini laut atau naga, sehingga Engkau menempatkan penjaga terhadap aku? Ayub 7:12

    Namun Engkau, ya Allah adalah Rajaku dari zaman purbakala, yang melakukan penyelamatan di atas bumi. Engkaulah yang membelah laut dengan kekuatan-Mu, yang memecahkan kepala ular-ular naga di atas muka air. Engkaulah yang meremukkan kepala-kepala Lewiatan, yang memberikannya menjadi makanan penghuni-penghuni padang belantara. Mazmur 74:12-14

    Pada waktu itu TUHAN akan melaksanakan hukuman dengan pedang-Nya yang keras, besar dan kuat atas Lewiatan, ular yang meluncur, atas Lewiatan, ular yang melingkar, dan Ia akan membunuh ular naga yang di laut. Yesaya 27:1

    Terjagalah, terjagalah! Kenakanlah kekuatan, hai tangan TUHAN! Terjagalah seperti pada zaman purbakala, pada zaman keturunan yang dahulu kala! Bukankah Engkau yang meremukkan Rahab, yang menikam naga sampai mati? Yesaya 51:9

    Catatan: Ayat terakhir dapat membuat rancu. Bukan TUHAN meremukkan Rahab karena menikam naga sampai mati, tetapi TUHAN yang meremukkan Rahab dan menikam naga.

    Fakta Ilmiah Dinosaurus

    Selain menggali dari sisi alkitab, sepertinya kita juga perlu mengetahui fakta-fakta ilmiah sehubungan dengan dinosaurus berikut ini.

    Tubuh Dinosaurus Berwarna-warni Dan Dengan Perhiasan Kepala

    Jika kita membayangkan dinosaurus memiliki warna kulit coklat atau hijau abu-abu seperti pada film-film, kita salah. Setelah para ilmuwan menemukan fosil melanosom dari dinosaurus, yaitu wadah pigmen kulit, disimpulkan bahwa dinosaurus memiliki kulit warna cerah, termasuk merah dan oranye. Beberapa dinosaurus bahkan adalah hewan raksasa yang berbulu warna-warni seperti burung.

    Selain itu, Triceratops, Stegosaurus, dan banyak lagi, memiliki perhiasan kepala berbentuk tanduk, piringan, dan lain-lain, yang dianggap sebagai "struktur aneh" oleh para ilmuwan.

    Orang awam akan mengira tanduk tersebut untuk berkelahi. Tetapi semua ahli purbakala mengesampingkan hal itu. Hipotesa awal adalah untuk pengaturan suhu tubuh. Saat ini, sebagian besar ahli purbakala lebih setuju bahwa struktur tersebut untuk mengenali sesama anggota spesies, atau untuk menarik pasangan. Akan tetapi, fungsi struktur yang dinilai sangat aneh tersebut masih menjadi bahan perdebatan sampai saat ini.

    Bahkan kemungkinan, beberapa dinosaurus sebenarnya terlihat menggemaskan dan lucu. Bisa jadi. Karena bahkan anak kucing yang lucu-pun akan terlihat mengerikan saat menjadi fosil

    Misteri Jenis Kelamin Dinosaurus

    Setiap dinosaurus memulai hidup dengan menetas dari telur. Itu diyakini semua ilmuwan. Tetapi bagaimana induk dinosaurus berkencan untuk menghasilkan telur? Itu tidak jelas. Bahkan anatomi seksual dasar dinosaurus masih menjadi misteri.

    Dinosaurus pasti memiliki kloaka, lubang tunggal untuk saluran kemih, ekskresi, dan reproduksi seperti dimiliki burung dan buaya. Kemungkinan besar dinosaurus jantan memiliki "organ intromiten" yang mirip dengan bebek dan burung unta. Tetapi belum ditemukan jejak fosil dari organ semacam itu.

    Museum SUE di Chicago memiliki koleksi Tyrannosaurus rex (T-Rex) terlengkap di dunia. Tetapi ilmuwan tidak tahu apakah itu jantan atau betina. Meskipun banyak teori sebelumnya, termasuk bahwa T rex betina lebih besar daripada jantan, teori tersebut sekarang diragukan.

    Misteri Evolusi Dinosaurus

    Dinosaurus pertama belum diketahui. Diduga adalah Nyasasaurus, yang berukuran sebesar anjing dan pertama kali muncul sekitar 245 juta tahun lalu. Namun, sangat sedikit fosil Nyasasaurus yang telah ditemukan sehingga kita bahkan tidak tahu seperti apa bentuknya. Para ilmuwan menduga seharusnya masih ada dinosaurus yang lebih tua dari itu, yang mengawali evolusi.

    Satu misteri lain sehubungan evolusi adalah, bagaimana dinosaurus pertama kali belajar terbang? Bagaimana dinosaurus memperoleh kemampuan luar biasa ini?

    Hipotesa awal adalah dinosaurus terbang berasal dari dinosaurus arboreal, yaitu jenis-jenis dinosaurus dengan cakar kuat yang dapat memanjat pohon. Dan mereka mulai belajar mengepak. Akan tetapi, berdasar penelitian aerodinamis dari dinosaurus terbang, skenario yang lebih bisa diterima adalah dinosaurus mulai mengepak dari tanah dan bukan dari pohon, mungkin untuk berlari lebih cepat di permukaan miring, atau untuk berlari sambil menjepit mangsa. Akan tetapi, semua hipotesa tersebut belum didukung temuan fosil.

    Jadi bagaimana evolusi awal menjadi dinosaurus dan bagaimana mereka berevolusi menjadi dinosaurus terbang, masih menjadi misteri.

    Misteri Kepunahan Dinosaurus

    Dinosaurus terbang memang tidak ikut punah. Akan tetapi, dinosaurus lain punah dalam sekejap 66 juta tahun lalu. Misteri ini juga belum terpecahkan.

    Saat itu memang bertepatan dengan adanya asteroid yang secara masif menghantam bumi, memungkinkan terjadinya perubahan ekologi global berkepanjangan dan meningkatnya aktivitas vulkanik. Tetapi bencana itu terjadi di Yucatan, Meksiko, Amerika Utara, sementara kepunahan massal dinosaurus terjadi di seluruh dunia. Bahkan, penemuan terbaru menyimpulkan bahwa kepunahan dinosaurus telah terjadi sebelum hantaman asteroid.

    Referensi

    The Ten Biggest Dinosaur Mysteries We Have Yet to Solve, Smithsonian Magazine, 2014
    Biggest dinosaur myths and mysteries, CNN, 2021
    25 Great Dinosaur Mysteries We All Want Solved, list25, 2022