Mengupas Kebenaran Alkitab dan Kasih Yang Penuh Kuasa

4 Jan 2023

Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru ?


Mengapa kitab-kitab alkitab digolongkan sebagai Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru? Apa yang dijanjikan di Perjanjian Lama? Kenapa berhenti dan digantikan "Perjanjian Baru" ?

Apakah ini berhubungan erat dengan janji ke Abraham ? Ternyata kurang berhubungan meskipun masih ada sedikit korelasinya.

    Perjanjian Lama, Perjanjian Tentang Apa?

    Perjanjian Lama terdiri dari 39 kitab. Dimulai dengan penciptaan langit dan bumi. Dan jatuhnya Adam dan Hawa ke dalam dosa. Pada saat itu Allah menyatakan perjanjianNya:

    Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya." Kejadian 3:15

    Dan TUHAN Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka. Kejadian 3:21

    Perjanjian lama adalah bahwa akan ada seorang keturunan perempuan yang akan meremukkan kepala ular atau setan. Dan bahwa akan ada korban yang membuat mereka berani muncul lagi di Hadapan Allah.

    Perjanjian itu terus diingatkan dan diteguhkan Allah melalui banyak hal. Peneguhan dan penggenapan janji itulah yang mendominasi seluruh kisah di Perjanjian Lama. Perjanjian dengan Abraham adalah salah satu jalur yang dipilih Allah untuk penggenapan janji utama.

    Kemudian Musa mengambil darah itu dan menyiramkannya pada bangsa itu serta berkata: "Inilah darah perjanjian yang diadakan TUHAN dengan kamu, berdasarkan segala firman ini." Keluaran 24:8

    Kapan Perjanjian Lama Digenapi?

    Sesudah itu Ia (Yesus) mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa. Matius 26:27-28

    Dan Ia berkata kepada mereka: "Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang. Markus 14:24

    Apakah Yang Dijanjikan Perjanjian Baru ?

    Kemudian Ia mengambil sebuah cawan, mengucap syukur, lalu berkata: "Ambillah ini dan bagikanlah di antara kamu. Sebab Aku berkata kepada kamu: mulai dari sekarang ini Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai Kerajaan Allah telah datang."

    Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya: "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku."

    Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu. Lukas 22:17-20

    Dalam kisah tersebut, Tuhan Yesus dua kali mengangkat cawan. Cawan pertama diminum sebelum makan roti perjamuan, dan cawan kedua diminum setelah makan roti perjamuan. Cawan pertama menyatakan penggenapan perjanjian lama, kitab Matius dan Markus jelas menyatakan hal itu. Cawan yang kedua menyatakan suatu perjanjian baru. Perjanjian baru yang hanya mungkin terjadi karena Darah Yesus sudah tertumpah.

    Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.

    Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman.

    Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia. Yohanes 6:54-56

    Perjanjian Baru adalah tentang perjanjian akan hidup yang kekal. Jika pada perjanjian lama, Allah menggenapinya. Maka pada perjanjian baru, Allah akan menggenapiNya. Terpujilah Dia.